Breaking News

Obat Alami Untuk Atasi Kulit Gatal Kurap


Kurap, atau yang dikenal pun sebagai kadas, ialah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur (tinea). Bercak merah, bersisik, serta gatal pada kulit merupakan sejumlah tanda khas kurap. Siapa pun dapat dengan gampang terkena penyakit menular ini, terutama kumpulan orang yang imunnya lemah. Di samping dengan obat-obatan medis, ada sejumlah obat kurap alami yang bisa tolong menyembuhkan gejala.

Apa saja obat kurap alami?

Sebelum menggunakan sekian banyak pilihan obat kurap alami ini, pastikan kita telah mencuci area kulit dengan sabun dan air terlebih dahulu.

1. Cuka apel

Cuka apel dipercayai punya sifat anti jamur yang kuat, sehingga dapat membantu mengobati pelbagai penyakit yang diakibatkan oleh jamur. Cara pakainya dengan mengusapkan kapas yang sudah direndam dalam cuka apel sebelumnya pada kulit kita yang terpapar kurap. Lakukan secara rutin sekitar tiga kali sehari.

2. Lidah buaya

Lidah buaya tergolong obat kurap alami sebab berisi agen antiseptik yang bisa memerangi jamur, bakteri, serta virus. Di samping itu, lidah buaya pun menimbulkan sensasi dingin saat dipakai sehingga mendinginkan kulit yang gatal, meradang, sampai membengkak.

Oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang merasakan kurap sekitar tiga hingga empat kali sehari.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat membunuh sel-sel jamur berkat sifat antimikroba dan anti jamur yang dimilikinya. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa pemakaian minyak kelapa dapat menjadi mengobati infeksi kulit yang ringan sampai sedang.

Cara pakainya juga mudah, Anda melulu perlu menghangatkan minyak kelapa hingga mencair lantas langsung dioleskan ke lokasi kulit yang bermasalah. Ulangi urusan ini sekitar tiga kali sehari.

4. Kunyit

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kunyit ialah rempah-rempah populer yang familiar dengan sifat antiradang, antijamur, serta antibakterin. Ini seluruh berkat kandungan senyawa kurkumin di dalamnya.

Aturan gunakan kunyit untuk menanggulangi kurap tidak sulit, Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan tidak banyak air sampai membentuk pasta. Selanjutnya oleskan langsung pada kulit dan biarkan sampai kering, kemudian bilas hingga bersih.

5. Minyak pohon teh

Sudah sudah lama minyak pohon teh (tea tree oil) dikenal ampuh guna mengobati infeksi jamur kulit berkat sifat antijamur dan antibakteri yang dimilikinya.

Tidak sulit, kok, Anda dapat mengoleskan minyak pohon teh langsung ke wilayah kurap sekitar dua atau tiga kali per hari memakai kapas. Jika kulit Anda termasuk sensitif, usahakan campurkan terlebih dahulu bareng minyak pembawa.

6. Minyak oregano

Minyak oregano pun tidak kalah ampuh dalam mengobati infeksi jamur kulit, sebab berisi dua anti jamur kuat yaitu thymol dan carvacrol. Cara menggunakannya dengan mencampurkan sejumlah tetes minyak oregano dengan minyak pembawa, lantas oleskan sekitar tiga kali sehari.

Jika fenomena tidak kunjung membaik dalam 2 minggu, usahakan segera periksakan ke dokter. Perhatikan pun orang-orang terdekat Anda, apakah pun mengalami fenomena yang sama. Dikhawatirkan penyakit ini sudah menular ke anggota family lainnya.

Pasalnya dalam sejumlah kasus, kurap tidak dapat ditanggulangi sama sekali dengan bahan-bahan alami dan mesti segera ditangani oleh dokter. Bila kita ragu, segera konsultasikan urusan ini pada dokter.

Tidak ada komentar