Breaking News

Kebiasaan Buruk yang Membuat Mengalami Gangguan Mental


Banyak yang mengira merasakan gangguan mental tersebut sudah pasti tak waras atau semacamnya. Padahal, gangguan kesehatan mental ada tidak sedikit sekali, bahkan depresi atau stres juga termasuk. Maka itu, sebetulnya setiap orang mungkin merasakan masalah ini. Tanpa disadari, ada sejumlah kebiasaan buruk yang ternyata bisa mengganggu kesehatan mental Anda. Apa saja?

Kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan mental


1. Membungkuk ketika berjalan
Pernahkah memerhatikan teknik dan postur tubuh Anda ketika berjalan? Nyatanya, tidak jarang berjalan bungkuk dapat membuat kita berisiko merasakan gangguan kesehatan, lho!

Hal ini diperlihatkan dalam sebuah riset yang diterbitkan pada Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry. Penelitian itu mengatakan saat seseorang diminta guna berjalan dengan bahu membungkuk, mereka ingin mempunyai suasana hati yang tidak senang dan buruk ketimbang dengan orang yang berlangsung tanpa membungkuk.

Bahkan dalam riset tersebut diketahui bahwa orang yang tidak jarang jalan bungkuk rentan merasakan depresi. Maka itu, usahakan hilangkan kelaziman jalan bungkuk. Bukan melulu membuat postur tubuh kita bermasalah, tetapi dapat mengganggu kesehatan Anda.

2. Malas gerak
Kebiasaan beda yang dapat mengganggu kesehatan mental Anda ialah malas gerak. Ya, tak hanya buat tubuh jadi lemas, otot mengecil, dan perut membeasar, kelaziman buruk ini pun disinyalir dapat memicu depresi dan gangguan kecemasan.

Bila kita tiap hari melulu duduk menghadap gadget, usahakan luangkan waktu guna bergerak dan menciptakan otot-otot kita bekerja. Apalagi, andai Anda dapat melakukan olahraga rutin masing-masing hari, tak melulu tubuh namun mental Anda pun akan sehat.

Pasalnya, olahraga sudah terbukti dapat meningkatkan mood dan menciptakan suasana hati kita lebih baik. Jadi, telah siap guna olahraga dan bergerak hari ini?

3. Kurang istirahat atau bahkan begadang
Dilansir dalam laman Health, Diedra L Clay, PsyD, ketua dan dosen di Departemen Kesehatan Psikologi di Bastyr University, tidur ialah segalanya.

Tidur dapat memengaruhi semuanya. Bukan melulu fisik, tetapi emosional dan mental juga ikut diprovokasi oleh tidur.

Fungsi tubuh kita kini ini pun ditentukan oleh bagaimana waktu istirahat dan kualitas tidur. Tidur ialah cara tubuh beregenerasi, tanpa faedah ini, seluruh sistem di tubuh manusia dapat rusak, termasuk faedah mental Anda.

4. Terlalu tidak jarang bermain di depan layar elektronik
Begitu tidak sedikit hal yang mewajibkan Anda menguras waktu di depan layar, laksana bekerja, melakukan pembelian barang online, menyaksikan film, reservasi tiket, dan beda sebagainya. Tahukah Anda andai kegiatan ini semua dapat menguras tidak sedikit waktu yang guna bersosialisasi dan bertemu dengan rekan atau kerabat? Padahal, manusia ialah makhluk sosial.

Mungkin Anda beralasan kalau masing-masing hari kita chatting dengan tidak sedikit teman. Namun, tetap saja masa-masa tatap muka atau bertemu tidak dapat digantikan dengan melulu mengobrol di layar telepon genggam. kita tidak dapat memahami seseorang, tidak tahu ekspresi sebenarnya.

Sudah tidak sedikit kasus yang menciptakan seseorang merasa depresi, cemas, bahkan merasakan gangguan mental lainnya sebab terlalu konsentrasi dengan dunia virtualnya, bukan dunia nyata.

Michael Mantell, PhD, seorang berpengalaman ilmu perilaku dari San Diego, California mengatakan, saat seseorang tidak mempunyai waktu guna tatap muka langsung, melulu virtual, maka keterampilan dan minatnya guna bertemu dengan orang lama kelamaan pun akan menurun.

Ini semakin berbahaya, seseorang dapat semakin memblokir diri dengan orang di lingkungannya. Maka itu, supaya tidak mengganggu kesehatan mental Anda pakai handphone, laptop dan segala perangkat elektronik kita dengan bijak.

5. Terlalu serius
Serius memang diperlukan supaya Anda dapat konsentrasi menjalani aktivitas. Akan tetapi, tidak boleh sampai Anda hingga kehilangan waktu guna tertawa sebab terlalu serius. Tertawa ialah obat cepat pereda kecemasan dan stres.

Jangan terlalu gampang menumpuk pikiran, pisahkan waktu guna tertawa. Dengarkan kisah humor, menyaksikan acara yang lucu, dan habiskan waktu bareng teman-teman untuk menciptakan Anda tertawa lepas. Bisa dibilang tertawa ialah kebutuhan guna kesehatan mental Anda.

Tidak ada komentar