Breaking News

Cara Mengatasi Ruam Popok dengan Tepat


Cara mengatasi ruam popok dengan tepat sangat diperlukan apabila bayi mengalami permasalahan ini. Ruam biasanya ditandai munculnya kemerahan atau bisa juga kulit menjadi bersisik. Apabila hal ini dibiarkan tentu akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya lebih mudah rewel. 

Lalu sebenarnya apa sih penyebab dari munculnya ruam bayi? Ya memang tidak 100 persen ruam tersebut muncul karena kesalahan penggunaan popok. Hal ini bisa juga terjadi akibat bayi mengalami alergi pada makanan baru. Kemungkinan lainnya adalah bayi mengalami iritasi terhadap pipisnya sendiri. 

Cara Mengatasi Ruam Popok 

Dalam melakukan penanganan untuk permasalahan ruam popok ini dibutuhkan kesabaran dan ketekunan ekstra dari ibunya. Hal ini karena proses penyembuhan bisa memakan waktu 3-4 hari jika kondisinya belum parah. Jika sudah menimbulkan iritasi atau luka yang lebih parah maka perlu untuk memeriksakannya ke dokter. 

Ada beberapa tindakan yang bisa dijadikan sebagai pencegahan dan cara mengatasi ruam popok, simaklah beberapa tipsnya di bawah ini : 

1. Jaga kebersihan 

Bayi memang biasanya akan lebih sering mengompol maupun buang air besar. Ini wajar karena memang bayi belum secara sempurna untuk permasalahan pencernaannya. Jadi sebisa mungkin untuk menjaga kebersihannya dengan mengganti popok sesering mungkin, termasuk juga pada malam hari. Jangan sampai membiarkan anak dalam kondisi lembab dan baru menggantinya pada pagi hari. 

Sebelum mengganti popoknya, pastikan bahwa kondisi tangan anda dalam keadaan yang bersih. Kemudian bersihkan area kulit yang menggunakan popok tersebut dengan menggunakan kain lembut atau bisa juga dengan membilasnya. Usahakan pada saat membersihkan jangan menggosok kulit bayi terlalu keras. Hindari juga menggunakan tissu yang memiliki pewangi serta mengandung alkohol. 

2. Beri cream atau gel khusus bayi 

Bila sudah terjadi ruam popok pada bayi maka Anda bisa menggunakan cream yang berbahan zinc untuk bisa meredakan ruam. Jika masih ragu maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai cream atau gel apa yang bagus buat bayi tercinta. Usahakan untuk tidak menggunakan cream steroid karena jenis ini justru akan membuat iritasi pada kulit jika salah dalam penggunaannya. 

3. Pakai yang longgar 

Pakaikan popok yang sedikit longgar agar kulit bayi masih memiliki ruang untuk sirkulasi udara. Jika menggunakan popok sekali pakai maka pilihlah yang ukurannya sedikit di atas dari tubuh bayi anda. Hal ini penting agar kulit tidak merasa sesak dan bisa mengakibatkan terjadinya ruam. 

4. Berikan waktu istirahat 

Cara mengatasi ruam popok berikutnya adalah memberikan waktu kulit untuk beristirahat. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak memakaikan popok pada bayi pada waktu tertentu. Tetapi ingat untuk memastikan bahwa tempat yang digunakan untuk meletakkan bayi adalah tempat yang bersih dan tidak ada kuman. Pastikan juga anak berada dalam ruangan yang hangat agar kondisi bayi tetap dalam keadaan baik. 

5. Pakaian yang menyerap udara 

Sebisa mungkin hindari memberikan baju yang ketat serta tidak bisa menyerap keringat terlebih pada area pantat bayi. Apalagi pada saat cuaca sedang panas berikan anak pakaian yang bisa menyerap udara agar tidak merasa kepanasan. 

Demikian tadi beberapa cara mengatasi ruam popok yang bisa dicoba. Jika Anda memakaikan popok kain maka usahakan untuk mencucinya dengan bersih. Gunakanlah Rinso yang efektif membersihkan noda dan kandungannya sangat tepat jika digunakan untuk mencuci pakaian bayi. 

Tidak ada komentar