Breaking News

Tips Mengatur Biaya Makan Selama Mudik dari Kredit Tanpa Agunan

Makan merupakan salah satu pengeluaran yang membutuhkan biaya relatif, karena bisa tinggi dan bisa juga rendah. Meski bisa disebut relatif rendah, bujet untuk makan tetap saja tidak bisa disebut kecil. Jadi, kredit tanpa agunan bisa diajukan untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Selain itu, jangan abaikan tips pengaturannya seperti dalam ulasan berikut.

1. Buat Catatan Estimasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengatur anggaran makan selama mudik adalah dengan membuat estimasinya. Catat dalam sebuah buku tentang rencana makan harian Anda selama mudik. Mulai dari berapa lama mudiknya, makan di rumah keluarga besar atau makan di luar, sampai memperkirakan apakah ada rencana mentraktir keluarga atau ikut reunian.
Jika makan bersama keluarga besar, tentu tidak ada pengeluaran sama sekali. Tapi, Anda juga perlu sesekali mentraktir mereka makan di luar. Setidaknya, mengajak mereka rekreasi sekaligus makan di luar. Meski bersifat kondisional, Anda tetap harus membuat estimasi biaya makan yang akan dikeluarkan selama mudik.

2. Batasi Makan atau Jajan di Luar

Sudah menjadi hal yang wajar jika setiap Lebaran, semua rumah memiliki persediaan camilan yang lebih banyak dari hari-hari biasa. Oleh karena itu, jika tidak terlalu ingin, sebaiknya tidak usah jajan di luar. Jadi, kredit tanpa agunan yang Anda ajukan bisa digunakan untuk menyumbang beli bahan makanan.
Untuk menghindari penolakan dari keluarga besar untuk menerima uang secara langsung, Anda bisa memberikannya dalam bentuk bahan makanan. Misalnya, Anda ikut pergi ke pasar lalu membayar semua belanjaannya. Sumbangan ini juga perlu Anda masukan dalam anggaran makan selama mudik.

3. Buat Makanan atau Camilan Sendiri

Tips berikutnya untuk mengatur anggaran makan selama mudik yaitu dengan mencoba membuat makanan atau camilan sendiri. Seperti tips ke-2, situasi Lebaran cenderung sama dengan liburan. Jadi, selalu ingin bersantai sambil mengonsumsi makanan atau camilan favorit. Tapi, keseringan makan di luar tentu bisa sangat menguras kantong.
Jadi, akan lebih baik jika Anda mencoba membuatnya sendiri. Ajak saudara-saudara Anda untuk ikut berpartisipasi. Hal ini jauh lebih menyenangkan dan menjadi Lebaran yang mengesankan. Begitupula dengan camilan, Anda bisa coba bikin sendiri kue kekinian yang tidak bisa ditemukan di kampung halaman. Cara ini jelas jauh lebih murah dan hemat.

4. Lakukan Puasa Syawal

Jika Anda lebih sering makan di luar, misal makan di restoran saat reuni, tentu butuh biaya lebih besar daripada masak-masak sendiri di rumah. Nah, untuk mengimbangi pengeluaran yang meningkat karena makan-makan ini, Anda perlu melakukan puasa sunnah Syawal.
Berapa lama Anda berencana mudik liburan? Jika sepekan, Anda bisa membaginya menjadi 4 hari makan biasa dan 3 hari lagi untuk puasa. Perhitungan kasar ini dilakukan dengan anggapan Anda sampai di kampung halaman pada hari H Lebaran. Jika Anda berangkat mudik beberapa hari sebelum Lebaran, Anda bisa menyesuaikan perhitungannya.
Tips-tips mengatur anggaran untuk biaya makan tersebut bisa Anda imbangi dengan pengajuan kredit tanpa agunan ke Bank Amar. Karena, kredit yang ditawarkannya, melalui laman tunaiku.com, bisa diajukan dengan syarat-syarat yang sangat mudah dan bisa dipenuhi oleh pemuda dengan status pelajar atau mahasiswa sekalipun. Jadi, selama

Tidak ada komentar