Breaking News

Tips Mempertahankan Fokus dan Konsentrasi Saat Puasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa puasa bisa buat konsentrasi mudah buyar sebab otak yang kelemahan nutrisi. Konsentrasi yang menurun kemudian buat produktivitas kerja kita ikut merosot tajam. Namun tidak boleh jadikan ini dalil bagi Anda guna pasrah dan tidak mempedulikan pekerjaan kita terbengkalai. Ibadah puasa Ramadan dan rutinitas bekerja mesti sama berkualitasnya. Nah, bagaimana cara supaya Anda tetap konsentrasi saat puasa?

Tips menjaga fokus dan tetap konsentrasi saat puasa

Produktivitas yang menurun sekitar bekerja dapat menyebabkan Anda perlu lebih tidak sedikit waktu untuk menuntaskan pekerjaan. Ujung-ujungnya, Anda mesti kerja lembur.

Sebelum urusan ini terjadi, ada sejumlah cara gampang yang dapat Anda jajaki untuk menolong Anda tetap konsentrasi saat puasa.

1. Pastikan jam istirahat Anda cukup

Jangan anggap remeh dampak kurang tidur, khususnya pada keterampilan konsentrasi. Kurang istirahat mengganggu proses penyimpanan informasi sampai-sampai Anda jadi lebih susah untuk menilik dan mempelajari urusan baru. Kurang tidur pun menyebabkan benak berkabut, yang menciptakan Anda sulit beranggapan logis.

Pastikan kita mendapat istirahat malam yang cukup, selama 7-8 jam. Namun pertimbangkan pun bahwa Anda mesti bangun tengah malam untuk santap sahur, jadi tidak boleh biasakan istirahat larut malam. Anda malah seharusnya istirahat lebih mula dari biasanya.

Biasakan guna pergi dan bangun istirahat di masa-masa yang sama masing-masing hari, tergolong hari libur. Anda dapat membuat jadwal istirahat dan jadwal bangun yang dicocokkan dengan bulan Ramadan. Jika perlu, pakai alarm guna mengingatkan waktu istirahat dan bangun.

2. Konsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin B, C, E dan magnesium

Perhatikan pun apa yang kita konsumsi sekitar bulan Ramadan. Untuk fokus optimal dan tetap konsentrasi saat puasa pastikan Anda mendapat  asupan makanan dengan nutrisi sebanding pada ketika berbuka dan sahur.

Saat sahur, pastikan kita mengonsumsi sejumlah jenis makanan yang berisi vitamin B, C, E, dan magnesium laksana jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau lain. Buah-buahan dan sayuran ini adalahpendukung fokus yang baik sekitar Anda beraktivitas seharian nanti.

3. Rutin olahraga ringan

Meningkatkan produktivitas kerja tidak lumayan hanya dengan membuat suasana kerja yang baik, tapi pun dengan mengawal kesehatan tubuh.

Di samping dengan merealisasikan pola santap sehat dan istirahat teratur, seimbangi dengan berolahraga yang tertata untuk jaga kebugaran tubuh. Berdasarkan keterangan dari penelitian dari Univeristas Illinois, olahraga bisa meningkatkan faedah kognitif benak yang sehubungan dengan konsentrasi atau perhatian.

Olahraga ketika puasa tidak tak dapat dilakukan. Anda dapat melakukan olahraga enteng 1-2 jam sesudah sahur, menjelang buka puasa, atau 1-2 jam sesudah berbuka.

4. Beristirahatlah sejenak

Meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti kita terus terpaku pada kegiatan Anda tanpa mengerjakan istirahat sejenak. Setidaknya istirahatlah sekitar 15 menit untuk membalikkan tenaga dan semangat. Lakukanlah sejumlah hal seperti terbit ruangan, menyimak novel, mengerjakan peregangan ringan, atau memperhatikan lagu.

5. Hindari urusan yang mengganggu konsentrasi Anda

Konsentrasi adalahkunci dari produktivitas kerja yang optimal. Jadi pastikan kita tetap konsentrasi dengan menjauhi urusan yang bisa mengganggu fokus Anda.

Misalnya dengan mematikan nada dering telepon atau bahkan sekalian saja matikan telepon genggam Anda sekitar bekerja. Jika kegiatan Anda memungkinkan kita untuk memperhatikan musik, dengarkanlah musik yang dapat menolong Anda tetap konsentrasi saat puasa, contohnya musik instrumental.

Tidak ada komentar