Breaking News

Gak Nyangka, 12 Olahraga Tradisional Ini Ternyata Asli Indonesia Lho!

Kamu pasti sudah hafal dengan olahraga sepakbola, voli, basket hingga bulu tangkis yang jadi cabang olahraga di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu kalau Indonesia ternyata memiliki olahraga tradisional yang beragam dan seru-seru? Olahraga tradisional ini merupakan aktivitas fisik untuk melatih tubuh secara jasmani dan rohani seseorang. 

Bedanya dengan olahraga biasa, olahraga tradisional umumnya berasal dari tradisi dan kebudayaan suatu daerah tertentu. Oleh karena Indonesia sangatlah luas dan memiliki daerah serta budaya yang berbeda-beda, olahraga tradisionalnya pun jadi ikut beragam nih. Beberapa jenis olahraga tersebut bahkan sudah resmi dijadikan sebagai cabang olahraga nasional dan internasional lho. Berikut 12 olahraga tradisional yang berasal dari Indonesia.

1. Sepak Takraw



Olahraga pertama yang asli Indonesia ialah sepak takraw. Meski dikalim oleh beberapa negara seperti Malaysia, Laos, Filiphina dan Thailand, olahraga satu ini ternyata berasal dari Sulawesi Selatan dan ditemukan pada masa Kesultanan Melayu pada abad ke-15. Permainannya sendiri terbilang unik, yakni menyepak bola dengan metode permainan seperti bola voli.

2. Pencak Silat


Olahraga bela diri ini diperkirakan muncul di Indonesia pada abad ke-7 Masehi. Oleh karenanya, banyak pendekar-pendekar dari kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dikenal jago bela diri. Terlihat dari artefak senjata pada masa Hindu-Budha serta relief posisi kuda-kuda silat di Candi Prambanan dan Borobudur. Olahraga ini sendiri masih eksis hingga dijadikan salah satu cabang olahraga pada ajang Internasional.

3. Egrang


Egrang adalah olahraga menggunakan tongkat agar seseorang bisa berdiri di atas ketinggian tertentu dari atas tanah. Dulu, egrang digunakan untuk menghindari genangan air atau banjir namun kini dijadikan perlombaan pada peringatan kemerdekaan Indonesia.

4. Tarik Tambang


Tarik tambang biasanya diikutsertakan ke dalam pertandingan pada 17 Agustus. 2 grup berisikan masing-masing 5 orang akan menarik tali panjang dan menariknya sekencang mungkin hingga grup lawan melewati garis batas. Setuju kan kalau olahraga ini seru banget?

5. Balap Karung


Satu lagi olahraga sekaligus permainan yang populer saat peringatan hari kemerdekaan RI yakni balap karung. Peserta wajib menggunakan karung dari bawah hingga setengah badan kemudian berlomba-lomba mencapai garis finish sebagaimana perlombaan lari biasa diadakan.

6. Karapan Sapi


Olahraga asal Madura, Jawa Timur ini biasanya dilombakan pada bulan Agustus hingga Oktober. Pada perlombaannya, sepasang sapi biasanya akan menarik kereta dari kayu tempat joki mengendalikan mereka dan beradu cepat dengan sapi lainnya.


7. Lompat Batu


Olahraga lompat batu ini sebenarnya meruoakan tradisi masyarakat Pulau Nias. Mereka awalnya melakukan hal tersebut sebagai persiapan sebelum perang karena adanya perang. Pemuda Nias yang berhasil melakukan tradisi ini akan dianggap dewasa dan matang secara fisik sehingga dapat menikah. Hal itu memberikan kebanggaan bagi pemuda Nias dan juga keluarga mereka. Jika berhasil, mereka akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak.

8. Pathol


Pathol adalah olahraga sejenis gulat tradisional yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Awalnya olahraga ini merupakan acara sayembara untuk mencari kesatria terbaik yang bisa menjaga pelabuhan Tuban yang pada waktu itu ramai oleh perompak dan penyamun. Gulat pathol umumnya digelar di pesisir pantai menjelang purnama atau pada hari-hari khusus seperti upacara sedekah laut.

9. Pacu Jalur


Pacu Jalur merupakan jenis olahraga perahu dayung tradisional asli Riau. Perahu sepanjang 25-40 meter dengan awak sebanyak 40 sampai 60 orang ini awalnya diselenggarakan di kampung-kampung sepanjang Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri atau Tahun Baru Muharam. Namun kini olahraga itu sudah masuk ke dalam event tahunan nasional, setiap tanggal 23-26 Agustus.

10. Tarung Derajat


Olahraga Tarung Drajat diciptakan oleh Ahmad Drajat yang dikembangkan pada 1960an di Bandung. Bahkan kini tarung derajat resmi menjadi cabang olahraga nasional hingga menjadi pelatihan dasar bagi TNI AD.

11. Bakiak atau Terompah atau Galuak


Permainan tradisional ini kerap disebut juga sebagai olahraga tradisional asli Indonesia karena untuk memainkannya dibutuhkan ketangkasan, kepemimpinan, kerja sama, kreatifitas, wawasan serta kejujuran. Alatnya sendiri terbuat dari terompah deret dari papan kemudian diberi tali karet atau ban sebagai selop. Dalam satu bakian minimal dimainkan oleh 3 anak. Hayo, masih ada yang suka ikut lomba bakiak saat Agustusan gak nih?

12. Galah Asin alias Gobak Sodor


Galah asin atau biasa disebut galasin atau gobak sodor ini merupakan olahraga sekaligus permainan tradisional yang dimainkan oleh dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3-5 orang. Masing-masing anggota tim akan menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik.

Tidak ada komentar