Breaking News

5 kota wisata terbaik pilihan untuk di kunjungi saat libur imlek


imlek 2018 menandakan dimulainya tahun anjing tanah dalam zodiak masyarakat China. Imlek di tahun ini juga menjadi kegembiraan bagi banyak orang, karena jatuh di hari Jumat, yang menjadi Sama halnya dengan perayaan besar lainnya, Imlek juga merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih dan keluarga. Menurut data yang dihimpun dari Traveloka, perjalanan saat Imlek meningkat sekitar 30 sampai 40 pekan dibanding data dari beberapa tahun belakangan.

Jika Anda masih bingung ingin menghabiskan waktu ke mana saat imlek, berikut ini adalah beberapa kota terbaik pilihan ;

1. Jakarta
Kota Sembilan yang terletak di Petak Sembilan, Glodok menjadi pusat perayaan Imlek di Jakarta. Glodok juga merupakan kawasan pecinan yang menawarkan berbagai macam hal khas masyarakat China.
Ada juga kelenteng tertua di Jakarta, yaitu Kelenteng Jin De Yuan. Kelenteng ini terbuka untuk umum, asal Anda bisa menghargai masyarakat yang datang untuk beribadah. 


2. Surabaya
Surabaya merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki budaya etnis masyarakat China terkuat. Terbukti dari beberapa kelenteng di Surabaya yang ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah, seperti Keleteng Hong Tiek Hian dan Kelenteng Hok An Kiong.
Jika Anda mencari destinasi menarik, cobalah datang ke Kelenteng Sanggar Agung. Kelenteng yang terletak di Pantai Ria ini memiliki gaya arsitektur bernuansa campuran antara China, Jawa, Bali, dan Thailand, sangat cocok untuk dijelajahi saat imlek.


3. Medan 
Seperti Jakarta dan Surabaya, Medan juga merupakan satu kota di Indonesia, tempat bercampurnya berbagai etnis dan suku. Salah satu tempat wisata menarik di Medan adalah Rumah Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani.
Tjong A Fie adalah seorang tokoh China yang besar di Medan dan dikenal sebagai Majoor der Chineezen karena beliau diangkat oleh pejabat kolonial Belanda sebagai pemimpin komunitas China. Rumahnya memiliki perpaduan gaya arsitektur China, Eropa, Melayu, dan art-deco, Anda bisa belajar lebih banyak mengenai sejarah kota Medan dan juga budaya Melayu-China.



4. Denpasar
Tampaknya Bali tidak pernah menjadi destinasi yang sepi, terutama saat long weekend. Menurut laporan dari China Association of Travel Services (CATS), Bali merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat China saat liburan Imlek tahun ini bersamaan dengan destinasi tropis lainnya, seperti Phuket dan Saipan. 



5. yogyakarta
Berbicara tentang Imlek, Yogyakarta tidak pernah absen membuat perayaan yang meriah, seperti yang selalu terjadi di Jalan Malioboro. Pusat aktivitas Imlek di Yogya terletak dekat Pasar Beringharjo, Kampung Ketandan yang termasuk kawasan pecinan terbesar di Yogyakarta.


Kampung Ketandan memiliki bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur China dan saat Imlek, Kampung Ketandan mengadakan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Tahun ini PBTY akan digelar untuk ke-13 kalinya pada 24 Februari hingga 2 Maret 2018.
Selama sepekan, PBTY akan menyuguhkan berbagai pentas seni dan budaya yang menarik untuk para wisatawan.

Tidak ada komentar